DAPATKAN KALENDER KEREN DARUSSHOFA EDISI 2013, UNTUK INFORMASI HUBUNGI MUHAJIR AL QADRI 0812 6491 455, LUFTHAN ASSEGAF  0852 7648 4796... KEREN DAN BERWAWASAN...INSYA ALLAH   # INFO JADWAL MAJELIS #
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
 

DOKUMEN KEGIATAN

Horizontal SlideShow Module v1.8 by JT.

IKLAN MAJELIS

Silahkan Klick Yaa

DAFTAR ARTIKEL

article thumbnailARTIKEL ISLAMMari kita amati.. Sudahkah kita sesuai dengan ajaran Nabi..??

Mari kita amati.. Sudahkah kita sesuai dengan ajar [ ... ]


article thumbnailARTIKEL ISLAMSUNNAH YG TERLUPAKAN

Setelah mengusap telinga, yang berikutnya yang ki [ ... ]


Klik Juga Artikel Lain
 
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
123
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
 
Majelis Ta'lim dan Sholawat DARUSSHOFA
Mari kita amati.. Sudahkah kita sesuai dengan ajaran Nabi..?? PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 17 April 2014 05:13

Mari kita amati.. Sudahkah kita sesuai dengan ajaran Nabi..??
---------------------------------------------------------------------

Salah satu sisi dari pola hidup sehat rasulullah adalah dalam hal kebiasaan beliau makan dan minum. Prof. Dr . Abdul Basith Muhammad as-Sayyid, seorang pakar kedokteran dan biofisika, telah menulis kitab yang sangat bagus mengenai hal ini berjudul “at-Taghdziyah an-Nabawiyah, al-Ghadza baina ad-Daa wa ad-Dawa”.

Kitab ini telah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit Almahira dengan judul “Pola Makan Rasulullah, Makanan Sehat Berkualitas menurut al-Qur’an dan as-Sunnah”. Buku ini memuat petunjuk cukup lengkap mengenai bagaimana Nabi mengatur program diet sehat sehingga kesehatan tubuh terjaga. 20 prinsip penting dari pola makan Rasulullah yang dapat kita terapkan dalam pola makan kita sehari-hari seperti bagaimana mengatur menu makanan dengan pola makan teratur sehingga hal ini berguna bagi kita yang selama ini makan apa saja hingga menyebabkan obesitas dapat dijadikan sebagai tips diet agar langsing kembali.

Berikut ini adalah adab makan dan minum yang dicontohkan oleh Nabi:

1. Membaca basmalah ketika hendak makan, dan mengakhiri dengan membaca hamdalah.
Barangkali hikmah membaca basmalah dan hamdalah adalah seorang muslim selalu mengingat bahwa makanan yang disantap tidak lain adalah nikmat dan anugerah dari Allah yang Maha Lembut dan Maha Tahu. Dia akan terhindar dari sikap berlebih-lebihan dan mubadzir. Seorang muslim juga akan selalu sadar bahwa makanan bukan tujuan akhir, tapi sarana menambah kekuatan untuk menuju ketaatan kepada Allah, memakmurkan bumi dan menaburinya dengan kebaikan.

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
Nabi bersabda:
”Barangsiapa tertidur sedang di kedua tangannya terdapat bekas gajih, lalu ketika bangun pagi dia menderita suatu penyakit, maka hendaklah dia tidak mencela melainkan dirinya sendiri”.
Nabi sendiri jika hendak makan selalu mencuci tangan terlebih dahulu, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Nasa’i dari Aisyah ra.

Last Updated on Thursday, 17 April 2014 05:28
Read more... [Mari kita amati.. Sudahkah kita sesuai dengan ajaran Nabi..??]
 
SUNNAH YG TERLUPAKAN PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 25 March 2014 09:52

Setelah mengusap telinga, yang berikutnya yang kita lakukan membasuh kedua kaki, tunggu dulu sebelum membasuh kedua kaki ada satu sunnah. Apa itu? adalah mengusap leher bagian belakang sampai kedepan tiga kali, ambil air dikedua tangan kita usap leher dari belakang tiga kali-tiga kali. Namanya disebutkan oleh para ulama مسح الرقبة mengusap leher dari bagian belakang sampai kedepan dan ini bagian dari sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam walaupun para fuqoha berbeda pendapat bahwa ini adalah bagian dari pada sunnah seperti yang saya sebutkan barusan dan mereka memiliki hadits-hadits dalam hal itu, dan beberapa fuqoha yang lain mengatakan bahwasany مسح الرقبة ليس من السنة bukan dari pada sunnah, akan tetapi yang mengatakan ini adalah sunnah diantaranya Al Imam Al Ghazali sebagai mana yang ada didalam kitab Bidayatul Hidaya beliau menganjurkan setelah mengusap telinga dianjurkan tiga kali mengusap leher dan itu disunnahkan kata Al Imam Ghazali dan itu ada do’anya. Apa do’anya? Do’a yang dianjurkan untuk dibaca ketika mengusap leher ;

اللهم فكّ رقبتي من النار وأعوذبك من السلاسل والأغلال

Ya Allah lepaskan leherku ini dari ikatan tali api neraka sebab beberapa manusia kelak dihari kiamat akan menghadap kepada Allah SWT

مقفولة الأيدي tangannya terbelenggu dileher, tahu siapa? Ini dalam hadits nabi bilang diantaranya yang datang dihari kiamat yang datang menghadap dalam keadaan yang semacam itu adalah para penguasa baik dia penguasa yang adil maupun penguasa yang dzolim datang menghadap kehadapan Allah dengan keadaan semacam itu tangannya terbelenggu adil maupun dzolim. Kira-kira enak gak tuh menghadap Allah dengan keadaan semacam itu tangan terbelenggu dilehernya? Kagak enak naudzubillah kita aja didunia kalau diarak macam begitu kagak mau penghinaan penyesalan itu didunia apalagi di akhirat malu sama Allah dihadapan sekalian ciptaan Allah ngadap kepada Allah dalam keadaan tangan terbelenggu, yang begini kata nabi Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam didalam beberapa riwayat terhadap pengusa baik dia adil maupun dzolim. Yang adil juga? Termasuk yang adil juga ketika menghadap Allah mereka dihisab, yang bisa melepaskan itu belenggu yaitu keadilannya, setelah dihisab oleh allah dinyatakan bahwa dia adalah penguasa yang adil yang taqwa maka dia terlepas dari belenggunya tapi kalau dia tenyata dzolim sebagai penguasa maka dia dilemparkan ke api neraka naudzubillah tapi tetep dia datang menghadap Allah dengan keadaan terbelenggu. Makanya AnNabi Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam mengatkan didalam haditsnya .إنكم ستحرسون على الإمارة وانها ستكون ندامة يوم القيامة Rasul Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam mengatakan didalam haditsnya Kalian akan mengejar kepeminpina terbukti Rasulullh Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam kita liat sekarang semua orang, apalagi zaman sekarang saat-saat yang semacam ini semuanya ngejar-ngejar kepeminpinan alasannya macam-macam, tapi ingat! Dengarkan sabda nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, apa yang beliau katakan

وانها ستكون ندامة يوم القيامة dan kepeminpinan yang kalian kejar-kejar akan menjadi penyesalan untuk kalian dihari kiamat, naudzubillah. Makanya orang yang punya akal sehat punya hati suci engga bakalan mau pasti kabur dari kepeminpinan. Sayidina Umar ibin Khatab setelah menjabat dari kepimpinan beliau bingung mau cari orang untuk menjadi gubernur diwilayah kaum muslimin, kenapa bingung? Kan waktu itu sahabat banyak mereka para auliya washolihin mereka sahabat orang-orang mulia mereka banyak tapi semuanya nolak sehingga sayidina Umar marah besar kepada para sahabat Rasulillah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, beliau marah kalian menyerahkan ini kepimpinan kepada saya ini bala ini musibah terus kalian cuci tangan? sayidina Umar bin Khatab marah tapi tetap sahabat gak mau turut kepada kepimpinan kita gak mau tangan terbelenggu menghadap Allah kata para sahabat. Lihat zaman sekarang semua orang kejar-kejar itu kepimpinan yang kotor. Padahal zaman itu zaman sayidina Umar ibin Khatab zaman khalifah arrasidah. Sampai engga ada seorang dari sahabatnya dizaman sayidina Umar ibin khotob dilantik menjadi gubernur melainkan setelah ditodong pedang oleh sayiduna Umar ibin Khotob, kenapa? Mereka tahu urusannya berat dihari kiamat, yang adil saja ngadep menghadap Allah dengan tangan terbelenggu gimana yang dzolim. Mudah-mudahan kita dibersihkan kita punya hati kagak enak jadi peminpin enak kayak kita seperti ini beneran, jadi kayak kita tidur enak makan enak terus yang dirasain sama peminpin juga sama sesuap nasi seperti kita,nggak lebih dari itu tapi urusannya panjang, kita enak mudah-mudahan terus begini, ente menjadi penguasa mau hadir majlis susah terus terang protokolnya panjang lebar ribet, ganggu orang kadang, tapi kita naik ojek sampai alhamdulillah, wallah paling enak seperti habib Hud, betul ya habib hud? Saya iri terus terang, kemana gampang dia sampai alhamdulillah, ngajar sana ngajar sini mudah-mudahan Allah kasih panjang umur bakal habib Hud, amiin. Hadirin yang dimuliakan oleh Allah itu keadaan dihari kiamat berat, berat, berat, makanya kita diajarin minta nih sama Allah waktu ngusap leher, jangan sampai kita menghadap Allah dihari kiamat dengan keadaan terbelenggu. Terus beberapa orang lagi yang masuk nerakanya diseret pakai rantai dari api lehernya diiket rantai api ampe masuk neraka, makanya didalam da’a tersebut kita minta sama Allah; Ya Allah lepaskan leherku ini dari belenggu dan aku berlindung kepada-Mu dari rantai-rantai api neraka yang akan membelenggu leher manusia hingga masuk kedalam api neraka

kutipan Ceramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran
Senin, 10 Maret 2014

Last Updated on Tuesday, 25 March 2014 09:59
 
 
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
 

RADIO AL HIDAYAH

Admin Darusshofa

Dasril Ariansyah
Lufthan Assegaf

Ustadz Mufty
Muhajir Qodri

Face FanBox or LikeBox


mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini94
mod_vvisit_counterSemalam252
mod_vvisit_counterMinggu Ini2359
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir2679
mod_vvisit_counterBulan Ini9003
mod_vvisit_counterBulan Terakhir96219
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan444929

KIOS MUSLIM

 
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
123