DAPATKAN KALENDER KEREN DARUSSHOFA EDISI 2013, UNTUK INFORMASI HUBUNGI MUHAJIR AL QADRI 0812 6491 455, LUFTHAN ASSEGAF  0852 7648 4796... KEREN DAN BERWAWASAN...INSYA ALLAH   # INFO JADWAL MAJELIS #
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
 

DOKUMEN KEGIATAN

Horizontal SlideShow Module v1.8 by JT.

IKLAN MAJELIS

Silahkan Klick Yaa

DAFTAR ARTIKEL

article thumbnailARTIKEL ISLAMMari kita amati.. Sudahkah kita sesuai dengan ajaran Nabi..??

Mari kita amati.. Sudahkah kita sesuai dengan ajar [ ... ]


article thumbnailARTIKEL ISLAMSUNNAH YG TERLUPAKAN

Setelah mengusap telinga, yang berikutnya yang ki [ ... ]


Klik Juga Artikel Lain
 
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
123
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
 
Hukum Mengusap Wajah Setelah Sholat PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 14 October 2011 02:51

Hukum Mengusap Wajah Setelah Solat


Salah satu amalan yang ditentang oleh sekelompok kecil orang yang sebenarnya masih sangat awam dalam ilmu agama adalah masalah mengusap wajah setelah solat. Mereka berpendapat bahwa ini adalah bid’ah karena Nabi Muhammad SAW tidak pernah melakukan. Maka dari itu, perkara ini perlulah dijawab secara ilmiah.

Seperti yang telah banyak dibahas, adanya ditinggalkan Nabi Muhammad SAW bukan berarti perkara tersebut adalah bid’ah yang sesat, haram  kalau melakukan maka akan masuk neraka.

Maka dalam hal ini, seorang ulama pembenteng Ahli Sunnah wal Jamaah di Indonesia telah menjawab isu ini di dalam kitabnya berjudul al-Hujjaj al-Qath’iyyah fi Shihhah al-Mu’taqadat wa al-Amaliyyah al-Nahdliyyah, Page 66:

Adanya Rasulullah SAW itu mengusap wajahnya dengan kedua belah tangannya setelah setiap kali doa. Telah terdapat di dalam sebagian Hadis-Hadis seperti berikut:

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا دَعَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ مَسَحَ وَجْهَهُ بِيَدَيْه

diceritakan dari al-Saib bin Yazid dari Bapaknya bahwa Nabi SAW adanya beliau ketika berdoa mengangkat kedua belah tangannya lalu mengusap wajahnya dengan kedua belah tangan. (Riwayat Sunan Abu Daud, no. 1275)

Begitu juga disunnahkan bagi orang yang telah solat untuk mengusap wajahnya dengan kedua belah tangannya, karena sesungguhnya sholat secara bahasa adalah doa, kerana terkandung di dalamnya beberapa doa kepada Allah Yang Menjadikan Mahasuci-Nya Ta’ala. Maka barangsiapa sholat maka dia benar-benar telah berdoa kepada Allah azza wajalla. Maka yang kukuh dengan ini, disunnahkan bagi orang tersebut untuk mengusap wajahnya setelah setiap kali sholat.

Berkata Imam Nawawi di dalam Kitab al-Azkar:

وروينا في كتاب ابن السني ، عن أنس رضي الله عنه ، قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا قضى صلاته مسح جبهته بيده اليمنى ، ثم قال : أشهد أن لا إله إلا الله الرحمن الرحيم ، اللهم أذهب عني الهم والحزن

Dan aku meriwayatkan di dalam kitab Ibn al-Sinni dari Anas RA. berkata: Adanya Rasulullah SAW ketika selesai solatnya, beliau mengusap dahinya dengan tangannya yang kanan lalu berdoa: “Aku bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan kecuali Dia Zat Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, YA Allah, hilangkanlah dariku kesusahan dan kesedihan” (al-Azkar, 69).

Maka jadilah perkara tersebut sebagai dalil bahwa sesungguhnya mengusap wajah itu disyariatkan di dalam agama, dengan pengetahuan bahwasanya Nabi SAW juga mengamalkannya.

 

Add your comment

Your name:
Your email:
Subject:
Comment:
 
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
 

RADIO AL HIDAYAH

Admin Darusshofa

Dasril Ariansyah
Lufthan Assegaf

Ustadz Mufty
Muhajir Qodri

Face FanBox or LikeBox


mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini2
mod_vvisit_counterSemalam429
mod_vvisit_counterMinggu Ini532
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir941
mod_vvisit_counterBulan Ini35655
mod_vvisit_counterBulan Terakhir9712
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan499754

KIOS MUSLIM

 
Mitra Global CMS Mitra Global CMS Mitra Global CMS
123